Generator portabel adalah sumber listrik sementara yang sangat baik untuk rumah, yang menyuplai daya cadangan jika dan saat Anda membutuhkannya. Namun, menggunakannya secara tidak benar dapat menimbulkan konsekuensi yang buruk. Tiga kategori bahaya utama berikut ini menawarkan kiat dan saran tentang cara tetap aman saat menggunakan generator portabel Anda.

Karbon monoksida

Secara umum, mayoritas insiden dengan generator portabel dikaitkan dengan karbon monoksida – gas beracun yang tidak berbau dan tidak berwarna yang dihasilkan dari mesin pembakaran internal generator. Untuk menghindari keracunan karbon monoksida, tak pernah menggunakan generator di mana saja di rumah, garasi, ruang bawah tanah atau loteng, bahkan jika area ini berventilasi. Selalu gunakan di luar dan tempatkan mereka sejauh mungkin dari jendela dan pintu. Ingat, karbon monoksida tidak terlihat dan tidak berbau sehingga Anda mungkin tidak sadar akan paparan Anda terhadapnya. Sebagai tindakan pencegahan lebih lanjut, Anda dapat menyesuaikan alarm karbon monoksida di rumah Anda dan memastikan bahwa ini diuji secara berkala.

Bahaya Listrik

Generator portabel juga menghadirkan risiko tinggi kejutan listrik. Metode yang paling penting dan jelas untuk mencegah bahaya listrik adalah menjaga generator tertutup dari hujan, misalnya di bawah kanopi atau menutupi luar, dan mengoperasikannya di permukaan yang kering. Juga, ingat untuk mengeringkan tangan Anda sebelum menangani generator. Generator portabel seharusnya tak pernah dicolokkan ke stopkontak dinding. Ini adalah proses yang dikenal sebagai "backfeeding" dan sangat berbahaya karena hal ini menjadikan pekerja utilitas dan lainnya sebagai risiko listrik.

Bahaya kebakaran

Untuk menghindari bahaya kebakaran, penting bahwa Anda menyimpan bahan bakar untuk generator portabel di tempat yang aman, jauh dari area hidup dan jauh dari peralatan yang membakar bahan bakar. Pastikan semua bahan bakar seperti bensin dan cairan yang mudah terbakar disimpan dalam wadah berlabel. Wadah yang tidak disegel dengan benar dapat menyebabkan kecelakaan fatal. Selain itu, generator portabel harus selalu dimatikan dan memiliki waktu untuk mendinginkan sebelum mereka mengisi bahan bakar.

Jika Anda tidak yakin tentang aspek pengoperasian genset Anda, hubungi ahli listrik yang memenuhi syarat untuk meminta saran. Tenaga listrik profesional juga harus dapat memberi Anda saran untuk membeli generator atau menyewa generator. Ingat, generator portabel hanya dirancang sebagai pasokan listrik sementara – jika terlalu sering digunakan, mereka dapat menjadi terlalu panas dan akhirnya rusak sama sekali. Jadi ketika datang ke persyaratan listrik yang lebih tinggi, di mana generator akan digunakan selama periode waktu yang lebih lama, generator stasioner selalu lebih baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *